Komputerisasi Data

Diposting oleh Komputer | 18.29 | 0 komentar »

Komputerisasi

“ Komputerisasi adalah kegiatan atau usaha untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan yang biasanya dikerjakan secara manual kemudian diubah dengan menggunakan perangkat alat bantu berupa komputer” ( Sumber : Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S. Kom, MM. Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi. 2002 )

Komputer sebagai alat bantu untuk mengatasi masalah pengolahan data yang ada sangat membantu dalam proses pengolahan data untuk itu Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Purworejo menggunakan komputer untuk mengolah Data Kelompok Tani yang semula dikerjakan secara manual.


Data

Data adalah sesuatu yang menggambarkan suatu kejadian yang merupakan satu kesatuan. Data berupa angka-angka, huruf-huruf dan simbol simbol dan sebelum disajikan akan diolah dulu, dan pengolahan data tersebut memerlukan operasi-operasi yang perlu untuk mengklarifikasi data dari pengambilan data awal dan diolah menjadi informasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan. ( Sumber : Kristanto H. , Konsep dan perancangan Data base, Andi Offset Yogyakarta ,1996)


Konsep Pengolahan Data.

1. Pengertian pengolahan Data

Pengolahan data adalah semua kegiatan pengolahan data untuk membuat data menjadi hasil yang diinginkan untuk segera dipakai, jadi pengolahan data adalah mengevaluasi dan mengatur data serta menempatkannya dalam konteks yang tepat sehingga menghasilkan informasi yang berarti.

Beberapa proses transformasi pengolahan data dapat digambarkan sebagai berikut :

2. Bagian -bagian dari pengolahan data

1 Input

Untuk memasukkan data kedalam sistem komputer diperlukan sebuah alat input kedalam komputer harus dalam bentuk yang dapat diterima oleh komputer. Input dapat berupa kartu key-punch, media magnetic seperti pita, disk, disket dan input langsung dari key board.

2 Pengolahan Pusat

Pusat pengolahan data pada komputer disebut juga Central Prosessing Unit ( CPU ). Pengolahan data terdiri dari satu seksi pengendali yang mengkoordinasikan semua komponen sistem pengolahan dan unit penghitung/ logika yang melakukan fungsi-fungsi tambah ( + ) , kurang ( - ) , kali ( * ) , bagi ( / ) , gandeng, geser, pindahkan dan simpan. Seksi pengendali juga menggerakkan dan mengkoordinasikan semua operasi yang diperlukan menurut instruksi yang diberikan dan seksi ini juga mengendalikan semua unit input / output.

3 Penyimpanan Data

Penyimpanan terdiri dari penyimpanan intern dan penyimpanan ekstern. Penyimpanan intern disebut juga memory , merupakan karakteristik yang memungkinkan komputer untuk menyimpan dalam bentuk elektronik. Fasilitas memory ini yang membedakan komputer dari peralatan lain. Penyimpanan dalam memory komputer terbagi dalam berbagai lokasi yang masing-masing diberi alamat dan diatur untuk memberikan data bila diperlukan.

Penyimpanan ekstern ada dua macam :

1. Direct access ( penyimpanan langsung dapat dicari )

Direct access berbentuk disket, disket yang dapat menyimpan data massal tanpa urutan dan dapat dicari langsung tanpa membaca arsip dari permulaan untuk menemukan data yang diinginkan.

2. Sequential access ( urutan )

Sequential berupa magnetictape ( pita magnetic ) yang isinya menurut urutan dan harus dibaca dari awal untuk membaca dan menulis catatan yang diinginkan.

4 Output

Alat output ini mencatat informasi dari komputernya diatas berbagai macam media seperti kartu dan media magnetic. Informasi ini kemudian dicetak diatas kertas. Selain itu alat output ini dapat memberikan sinyal-sinyal untuk dikirim melalui jaringan teleprocessing, menghasilkan gambar , grafik, gambaran microfilm dan berbagai bentuk khusus lain. Tetapi pada umumnya aplikasi pokok dalam perusahaan berbentuk cetakan diatas kertas.

0 komentar