Belajar pemrograman merupakan langkah untuk mendalami logika program dan sintaks / tatatulis suatu bahasa pemrograman yang digunakan. Setiap bahasa pemrograman mempunyai karakter dan aturan yang berbeda dalam sintaksnya meskipun dalam logika tetap sama. Untuk belajar pemrograman banyak buku yang digunakan sebagai acuan dalam membuat program, namun sedikit buku yang menjelaskan tentang memahami program dan menuntun orang dapat membuat program step by step secara benar dan jika salah mengetahui di mana kesalahannya.

Pemrograman web merupakan permograman yang berbeda dengan pemrograman lainnya, misalnya VB, Delphi, C++ dan lainnya, karena dalam pemrogram web membutuhkan tiga jenis program, yaitu : (tutorial di bawah ini untuk Anda yang masih awam akan pemrograman web)

1. Server

Meskipun menggunakan satu komputer tanpa terhubung LAN, namun untuk membuat program web tetap menggunakan software sebagai server, yaitu Apache. Server digunakan sebagai pusat navigasi dari database dan bahasa pemrograman, jika server ini tidak dijalankan maka program tidak dapat di eksekusi

2. Bahasa pemrograman (PHP, ASP)

Merupakan bahasa program untuk menuliskan logika program, PHP merupakan salah satu bahasa program berbasis web. Meskipun demikian untuk menuliskan script PHP dapat menggunakan beberapa editor, misalnya Notepad, M. Dreamweafer dsb.

3. Database (MySql)

Merupakan database yang berisi tabel-tabel yang digunakan untuk menyimpan data-data. Untuk memulai pemrograman web di sini penulis menggunakan program PHPTriad (bisa di download di internet) program ini berisi paket yang terdiri server apache, PHP dan MySql. Setelah program ini di instal maka akan terlihat folder dalam windows Exlporer sbb:


Tutorial lengkap silahkan download

0 komentar