TUTORIAL DELPHI : MEMBUAT MENU PROGRAM

Diposting oleh Komputer | 00.20 | 0 komentar »


Menu program adalah suatu fasilitas untuk mengorganisasikan form-form yang ada pada project yang sama sehingga semua form yang di miliki dapat di tampilkan sesuai dengan urutan dan kebutuhan system yang dibangun. Banyak cara yang digunakan untuk membuat menu program tergantung programernya, disini penulis menggunakan cara tersendiri yang dimungkinkan mudah di pahami dan ditujukan kepada pemula.

Untuk tutorial di bawah ini penulis menggunakan simulasi yang mudah dan sederhana dengan harapan Anda yang mempelajarinya lebih mudah, jika Anda mau membuat aplikasi sesunggunya tutorial ini bisa sebagai referensi. Adapun software yang digunakan adalah Visual Delphi versi 7.

Langkah – langkah :

1. Setelah masuk Delphi menutup semua form yang tampil dengan cara File-Close All . Langkah ini untuk memastikan agar tidak ada aplikasi/form lain yang terbuka.

2. Selanjutnya membuat aplikasi baru dengan cara File-New-Application, langkah ini akan menghasilkan satu project, satu form dan satu unit. Meskipun yang tampil hanya satu form (form 1).

3. Untuk membuat lebih mudah dalam pengaturan dan penyimpanan, maka simpanlah dengan cara File – save all ( untuk lebih jelasnya fungsi perintah ini silahkan baca tentang delphi pada blog ini), langkah ini akan menampilkan jendela penyimpanan unit, sebelum memberi nama file, carilah folder yang akan Anda gunakan untuk menyimpan lalu beri nama Umenu. Selanjutnya akan muncul jendela penyimpanan Project, simpanlah dengan nama Platihan.

4. Coba jalankan form tersebut dengan cara menekan menu Run-Run, maka akan tampil form kosong.

5. Selanjut tekan tanda x (keluar) pada form dan berilah identitas form tersebut melalui object Inspector

Caption : Form Menu

Name : Fmenu

6. Tambahkan form baru pada project tersebut dengan cara menekan menu File-New-Form, simpan form tersebut dengan cara menekan menu File-Save, beri nama Ubiodata.

7. Berilah identitas form tersebut melalui object Inspector

Caption : Form Biodata

Name : FBiodata

8. Tambahkan lagi form baru pada project tersebut dengan cara menekan menu File-New-Form, simpan form tersebut dengan cara menekan menu File-Save, beri nama Upekerjaan

9. Berilah identitas form tersebut melalui object Inspector

Caption : Form Pekerjaan

Name : FPekerjaan

10. Selanjutnya untuk membuat menu, maka aktifkan form menu dengan cara klik 1 kali, selanjutnya klik 2x komponen MainMenu(menus) pada standard.

Setelah mainmenu berada di formmenu maka klik 2 kali mainmenu sehingga tampil sbb:

1. Dari object inspektor aturlah Caption : File tekan enter, selanjutnya arahkan mouse ke bawah tulisan File, selanjutnya ulangi penulisan Caption : Biodata.

2. Arahkan mouse ke bawah tulisan Biodata, selanjutnya ulangi penulisan Caption : - (tanda minus). untuk memberikan tanda garis.

3. Arahkan mouse ke bawah tanda garis, selanjutnya ulangi penulisan Caption : Pekerjaan.

4. Arahkan mouse ke bawah tulisan Pekerjaan, selanjutnya ulangi penulisan Caption : Keluar.

5. Untuk memberikan menu di samping File, maka klik satu kali di sebelah kanan tulisan File, atur Caption : Bantuan. Sehingga fom menjadi sbb:



1. Coba Run program tersebut, maka akan terlihat form yang sudah ada menunya, namun tampilan form menu belum maksimal, untuk mengatur agar maksimal maka aturlah pada object Inspector yaitu windowState : wsMaxized (sebelumnya keluar dulu dari langkah run)

2. Untuk menampilkan formbiodata dan form pekerjaan pada form menu maka caranya dengan menuliskan kode program pada form menu dengan format

Namaform.showmodal

3. Untuk menuliskan kode program pada form menu, klik menu biodata lalu ketikkan Fbiodata.showmodal, ulangi pada menu Pekerjaan dengan cara sama dan kode program Fpekerjaan.showmodal.

4. Untuk memberikan kode program pada Keluar ketikkan Application.Terminate

5. Coba jalankan form tersebut.

Perintah showmodal adalah perintah untuk menampilkan dan dan menguncinya sehingga jika belum keluar dari form tersebut user tidak dapat membuka form lain, adapun perintah untuk menampilkan form tapi tidak menguncinya yaitu : Fbiodata.show;

Perintah ini akan menampilkan form tapi tampilan form akan hilang jika mengklik di luar form.









0 komentar