Pemrograman Pada Borland Delphi

Diposting oleh Komputer | 17.40 | 0 komentar »


Borland Delphi merupakan suatu bahasa pemrograman yang memberikan berbagai fasilitas pembuatan aplikasi visual. Keunggulan bahasa pemrograman ini terletak pada produktivitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompilasi, pola desain yang menarik serta diperkuat dengan pemrogramannya yang terstruktur. Keunggulan dari Delphi adalah dapat digunakan untuk merancang program aplikasi yang memiliki tampilan seperti program aplikasi lain yang berbasis windows.

Khusus untuk pemrograman basis data Borland Delphi, menyediakan fasilitas objek yang kuat dan lengkap yang memudahkan programmer dalam membuat program. Secara umum kemampuan Delphi adalah menyediakan komponen-komponen dan bahasa pemrograman yang andal, sehingga memungkinkan untuk membuat program aplikasi sesuai dengan keinginan, dengan tampilan dan kemampuan yang canggih.

Untuk mempermudah pemrograman dalam membuat program aplikasi, Delphi menyediakan fasilitas pemrograman yang sangat lengkap. Fasilitas pemrograman tersebut dibagi dalam dua kelompok, yaitu object dan bahasa pemrograman.

Object adalah suatu komponen yang mempunyai bentuk fisik dan biasanya dapat dilihat (visual). Object biasanya dipakai untuk melakukan tugas tertentu dan mempunyai batasan-batasan tertentu. Sedangkan bahasa pemrograman secara singkat dapat disebut sebagai sekumpulan teks yang mempunyai arti tertentu dan disusun dengan aturan tertentu serta untuk menjalankan tugas tertentu. Delphi menggunakan struktur bahasa pemrograman Object Pascal yang sudah dikenal dikalangan pemrograman profesional. Gabungan dari object dan bahasa pemrograman ini sering disebut sebagai bahasa pemrograman berorientasi object atau Object Oriented Programming (OOP).

Khusus untuk pemrograman basis data, Delphi menyediakan object yang sangat kuat, canggih dan lengkap, sehingga memudahkan pemrograman dalam merancang, membuat dan menyelesaikan aplikasi basis data yang diinginkan.

Delphi menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mengolah basis data. Berbagai format basis data dapat diolah dengan Delphi, misalnya basis data dengan format Paradox, dBase, MS-Access, ODBC, SyBase, Oracle, MySQL dan lain-lain.

Meskipun Delphi dapat mengolah bermacam-macam format basis data, tetapi dalam Tugas akhir ini hanya akan menggunakan format basis data Paradox 7.0, karena pada intinya cara penggunaan dan pengolahannya sama dengan format basis data lainnya.

Dalam kemampuannya untuk berhubungan dengan basis data Paradox 7.0, Delphi menggunakan ODBC. ODBC (Open Basis data Connectivity) merupakan seperangkat fungsi yang memungkinkan untuk melakukan koneksi dengan basis data secara lokal maupun remote. (Alam, M.A.J., 2003)

ODBC merupakan teknologi yang dikembangkan pertama kali oleh Microsoft untuk dapat memudahkan dalam berkoneksi dengan aplikasi pada beberapa basis data. (Riyanto, 2003)


0 komentar