Web dan ASP

Diposting oleh Komputer | 23.36 | 0 komentar »

Pengertian Web

World Wide Web (WWW) adalah seluruh jaringan yang menyediakan komputernya sebagai sumber data dan pengambil data, dimana komputer tersebut dikategorikan menjadi server dan client. [Onno W. Purbo, tahun 1999, halaman 5]

World Wide Web diibaratkan sebagai perpustakaan besar yang terdapat dalam internet, web site (web) diumpamakan sebagai buku dalam perpustakaan, sedangkan web pages diumpamakan sebagai halaman dari buku tersebut. Dengan demikian web adalah kumpulan halaman yang terdapat pada suatu sistem yang terhubung pada suatu jaringan komputer pada internet.


2.1. Active Server Pages

Active Server Pages (ASP) adalah salah satu teknologi yang memungkinkan developer untuk membangun halaman web yang dinamis dan interaktif, dan bersifat server side. Karena ASP merupakan salah satu teknologi server-side, maka ASP bersifat browser independent sehingga dapat dijalankan oleh web browser apapun. [Andi Kurniawan, tahun 2000, halaman 6]


Untuk mengetahui apa sebenarnya yang dapat dilakukan ASP tetapi tidak dapat dilakukan oleh HyperText Markup Language (HTML) biasa, dapat diamati melalui cara sebuah halaman web diolah pada sisi web server-nya. Di bawah ini akan digambarkan apa yang terjadi sewaktu pengunjung web meminta (request) suatu halaman web dari web browser.


Pada halaman web yang dibangun dengan HTML, ketika suatu permintaan datang dari web browser, web server akan mengerjakan tiga langkah yaitu :

1. Membaca permintaan (request) dari web browser.

2. Mencari halaman tersebut pada web server.

3. Mengirim halaman tersebut ke web browser.


0 komentar