Komplikasi pada manusia berarti terjadinya beberapa penyakit pada saat yang sama sehingga obat yang di konsumsi kadang berpengaruh buruk pada penyakit lainnya dan menyebabkan penyakitnya sulit sembuh. Komputer Jadul (jaman dulu) merupakan komputer yang sudah cukup lama di produksi dan di gunakan, misalkan komputer pentium 3 ke bawah.

Penulis mempunyai komputer Pentium II yang masih ‘dipelihara’ , disamping bandel, juga masih awet. Meskipun untuk mengerjakan pekerjaan yang cukup berat menggunakan komputer lain yang lebih canggih. Menggunakan komputer jadul harus sabar dan bisa memahami hardwarenya karena setiap saat bisa trouble, sehingga bisa menanganinya.

Kamis 21 Mei komputer tersebut mengalami trouble yang jarang terjadi, jenisnya bermacam-macam serta berpindah-pindah troublenya.

Komputer Loading lalu monitor mati

Ketika komputer di nyalakan lalu loading BIOS (Basic Input Output System) namun ketika mau masuk ke windows (windows ME) monitor tiba-tiba mati tapi komputer masih menyala dan proses.Hal ini jarang penulis temui, lalu komputer di matikan dan di jalankan kembali namun hal yang sama masih terjadi, sehingga penulis melakukan :

  1. Saat itu juga monitor di tukar dengan monitor lain, namun belum bisa dan terjadi hal yang sama.
  2. Karena menggunakan TV box maka kabel data dari monitor langsung di hubungkan ke CPU (sebelumnya lewat TV Box) namun belum menyelesaikan masalah.
  3. SDRAM (32 Mb) di pindah ke slot lainnya namun masih tetap sama, justru terdeteksi 16 Mb.
  4. Melepas VGA card, membersihkan lalu di pasang kembali. Selanjutnya SDRAM di lepas dan di bersihkan lalu di pasang ke slot semula. Cara tersebut baru berhasil

Dari pengalaman di atas kemungkinan troubel terjadi pada SDRAM dan VGA card, bisa salah satu namun bisa juga dua-duanya.

Komputer setelah Loading mengecek Hardisk dan Hang

Ketika di nyalakan komputer menyala dan Loading pertama setting ke hardisk, setelah mengecek hardisk ok dengan adanya tulisan Searching for boot Record from IDE-0 ..ok. Namun komputer lalu hang.

Hal yang penulis lalukan adalah

  1. Memperkencang kabel hardisk, baik kabel power dan kabel data, namun masih belum mau masuk ke windows.
  2. Lalu penulis coba menambahkan SDRAM 128 Mb ke slot satunya sehingga memori bertambah.
  3. Dari langkah tersebut ternyata bisa

Meskipun langkah 2 berhasil,namun penulis masih ragu jika trouble terjadi pada SDRAM dan Hardisk.

Komputer di nyalakan masuk ke BIOS lalu hang

Ketika komputer menjalankan BIOS muncul tulisan isi BIOS namun tidak semua tampil , hanya sampai pada tulisan Plug and Play ISA Devices lalu hang. Masalah ini yang sangat jarang di alami, hal yang penulis lakukan adalah :

  1. Melepas VGA Card dan memasang VGA card yang lain / ditukar
  2. Melepas SDRAM dan mengganti posisi dengan SDRAM lainnya
  3. Meskipun berhasil namun gejala ini kadang masih muncul

Analisa penulis adalah ROM (Read Only Memori ) trouble sehingga sering kambuh.

Jika komputer mengalami gangguan tidak bisa tampil gambarnya di monitor, hal yang sering terjadi adalah terjadinya gangguan pada SDRAM/RAM dan VGA Card/Display, bisa karena kotor maupun barangnya sudah mau rusak.

Untuk mengatasinya adalah :

  1. Bersihkan SDRAM serta slotnya lalu pasang kembali
  2. Jika perlu tukar pada slot lainnya
  3. Bersihkan VGA Card dan pasang kembali
  4. Jika perlu tukar pada slot lainnya
  5. Lebih mudah mengecek dengan memasang VGA atau SDRAM lainnya untuk croscek.

Jika Gangguan pada Hardisk atau CDROM sehingga tidak terdeteksi BIOS maka

  1. Kencangkan kabelnya (Kabel data dan kabel daya)
  2. Coba tukar dengan kabel lainnya (jika masih ada).

Secara umum trouble pada komputer jadul adalah tidak muncul gambar di monitor, hardisk dan CDROM tidak terdeteksi, selain itu terjadinya troubel berpindah-pindah dan bergantian sehingga cara mengatasinya bisa di coba langkah diatas.

0 komentar