Selama mengajar Visual Delphi bagi pemula, penulis sering menjumpai kesalahan kesalahan yang terjadi pada saat membuat program menggunakan Delphi. Kesalahan tersebut sebagian besar di sebabkan oleh hal-hal yang berhubungan dengan pemahaman tentang Delphi dan berimbas ke langkah- langkah membuat program yang tidak urut. Adapun kesalahan-kesalahannya terjadi pada saat :

  1. Membuat program baru

Kesalahan ini sering terjadi dan cukup fatal jika programnya sudah terlanjur dibuat karena resikonya program tidak bisa di RUN. Untuk mencegahnya langkah-langkahnya adalah dari menu File-New-New Application. Maka akan menciptakan sebuah aplikasi baru. (penulis sudah membuat tuorialnya di blog ini)

  1. Membuka Program lama

Ketika membuka program yang sudah di buat adakalanya terajdi salah langkah, sebaiknya File-Open Project. Atau File-Reopen . (penulis sudah membuat tuorialnya di blog ini)

  1. Menyimpan program

Sebelum program di RUN sebaiknya harus di simpan. Jika menyimpannya setelah di RUN maka berakibat terjadi kesalahan di editor Project, solusinya cukup sulit bagi pemula. (penulis sudah membuat tuorialnya di blog ini)

  1. Meletakkan kode program

Kode program harus di letakkan pada editor yang sesuai, untuk mencegah kesalahannnya maka klik 2 x pada bagian yang akan di beri kode program.

  1. Mendeteksi kesalahan

Jika terjadi error biasanya enggan membaca pesan kesalahannya (mungkin karena bahasa inggris) sehingga salah dalam mendeteksi kesalahan. Sebaiknya bacalah pesan kesalahannya dan bahasanya relatif mudah di pahami.

  1. Memperbaiki kesalahan

Memperbaiki kesalahan tanpa tahu sebabnya akan mengakibatkan kesalahan semakin parah, cek apakah kesalahan yang terjadi pada kode program yang Anda tulis, jika bukan maka ada kemungkinan Anda salah langkah dalam membuat program, missal belum menyimpan formnya.

Dan masih banyak kesalahan yang kadang sering dilakukan, sehingga mengakibatkan kesulitan dalam membuat program menggunakan Delphi. Ada kesan Delphi sulit dan kompleks (ngangkasi)

0 komentar