Sistem Informasi (2)

Diposting oleh Komputer | 18.23 | 0 komentar »

Sistem

Suatu sistem menpunyai maksud tertentu. Ada yang menyebutkan maksud dari suatu sistem adalah untuk mencapai suatu tujuan dan ada yang menyebutkan untuk mencapai suatu sasaran . Tujuan biasanya dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih sempit.

1 Pengertian Sistem

Arti dari kata sistem sangatlah luas khususnya apabila dikaitkan dengan kata informasi. Berikut ini definisi sistem menurut beberapa ahli :

“Menurut Steven A Moscove” Sistem adalah suatu kesatuan (entity) yang terdiri dari bagian-bagian (sub-sistem) yang langsung berkaitan kedalam suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan atau berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan untuk menyelesaikan suatu atau sasaran tertentu.

“Menurut W Gerald cole” Sistem adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan disusun sesuai dengan suatu skema yang menyeluruh untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi utama dari suatu organisasi atau perusahaan.

Menurut Jogiyanto, HM sistem dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

A. Karakteristik Sistem

Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu yaitu mempunyai komponen-komponen, batas sistem lingkungan luar sistem, penghubung, masukan, keluaran, pengolah dan sasaran atau tujuan

1. Komponen sistem

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi atau bekerja sama membentuk satu kesatuan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut supra sistem.

2. Batas sistem

Batas sistem merupakan daerah yang membatasi suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan luar.

3. Lingkungan luar sistem

Lingkungan luar sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.

4. Penghubung sistem

Penghubung sistem merupakan suatu media penghubung antara satu sub-sistem dengan sub-sistem lainnya.

5. Masukan sistem

Masukan adalah energi yang dimasukkan kedalam sistem yang dapat berupa :

a. Masukan perawatan (Maintenace Input) : energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi.

b. Masukan sinyal (Signal Input) : energi yang diproses untuk mendapatkan keluaran.

c. Keluaran sistem (Output) : hasil dari energi yang diolah dan diklafikasikan menjadi keluaran yang berguna dari sisa pembuangan.

d. Pengolah sistem

Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran

e. Sasaran sistem

Suatu sasaran pasti mempunyai tujuan atau sasaran, kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.

B. Klasifikasi Sistem

1. Sistem Abstrak (Abstract System) dan sistem fisik (Phisical system)

a. Sistem abtrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik.

b. Sistem fisik adalah sistem yang tampak secara fisik

2. Sistem alamiah (Natural System) dan Sistem buatan Manusia (Human Made System)

a. Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi menurut proses alam, tidak dibuat oleh manusia.

b. Sistem buatan manusia adalah yang melibatkan interaksi antar manusia dengan mesin yang sering kita sebut human machine system.

3. Sistem tertentu (Deterministic system) dan sistem tak tentu (Probability system)

a. Sistem tertentu adalah sistem operasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi interaksi diantara bagian-bagiannya dan dapat dideteksi dengan pasti, sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan.

b. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisimasa depannya tidak dapat diprediksikan karena mengandung unsur probabilitas.

4. Sistem tertutup (Close system) dan sistem terbuka (Open system)

a. Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya.

b. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan diluar.

Informasi

Informasi ibarat darah yang mengalir didalam tubuh suatu organisasi, sehingga informasi ini sangat penting didalam suatu organisasi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh, kerdil dan akhirnya berakhir.

1. Pengertian Informasi

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, informasi mempunyai arti yang sangat penting untuk mendukung proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.

Berikut ini definisi informasi dan sistem informasi menurut para ahli :

Menurut Drs. Mulyadi, MSC” Informasi adalah merupakan suatu fakta, data pribadi, persepsi atau sesuatu lain yang menambah pengetahuan”.

Menurut Barry E. Cushing” Informasi adalah merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengelohan data yang diorganisasikan dan berguna bagi orang yang menerimanya”.

Menurut David B. ”Gordon Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang”.

2 Kualitas Informasi

Selain dari pengertiannya, suatu informasi juga mempunyai kualitas yang spesifik antara lain :

a. Informasi harus akurat, bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bisa atau menyesatkan serta harus jelas mencerminkan maksudnya

b. Informasi yang datang harus tepat waktu tidak boleh terlambat. Karena informasi yang telah usang tidak akan mempunyai nilai lagi pengambilan suatu keputusan

c. Informasi harus mempunyai manfaat (Relevance) bagi pemakainya.

3 Nilai Informasi

Nilai dari suatu informasi ditentukan atas dua hal yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.

Sistem Informasi

Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi manajemen didalam pengambilan keputusan

1 Pengertian Sistem Informasi

Menurut Robert A. Kitch “ Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi atau perusahaan yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi atau perusahaan dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan ”.(Jogiyanto, HM, 1993)

Menurut Raymond Macleod “ Sistem informasi adalah sistem yang mengubah data dari berbagai sumber menjadi informasi yang sangat berguna “.(Jogiyanto, HM, 1993)

Konsep Dasar Sistem Informasi Pengolahan Data

Pengolahan Data merupakan berbagai macam operasi terhadap data tersebut sehingga menjadi informasi yang berguna dan sesuai dengan keinginan pemakai. Pengolahan data terdiri dari empat tugas utama yaitu :

1. Pengumpulan data

2. Manipulasi data

3. Penyimpanan data

4. Persiapan dokumen

Pengolahan data tidak hanya melibatkan operasi numerik tetapi juga operasi-operasi seperti klasifikasi data dan perpindahan data dari suatu tempat ke tempat lain.

Sistem Pengolahan data adalah kumpulan elemen-elemen yang terintegrasi menjadi kesatuan untuk melakukan berbagai macam operasi terhadap data sehingga data dapat menjadi suatu informasi. Pengolahan data dengan komputer dikenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) merupakan manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa sistem informasi yang menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer (Jogiyanto. HM).

1 Simbol-Simbol Data Flow Diagram (DFD)

A. External entity (kesatuan luar) atau Boundary (batas sistem).

Kesatuan luar dapat berupa orang, organisasi atau sistem informasi lainnya yang berada di lingkungan luar yang memberikan input atau menerima output dari sistem. Suatu kesatuan luar dapat disimbolkan dengan suatu notasi kotak atau bujur sangkar dengan sisi kiri & atas berbentuk tebal.






B. Data Flow atau arus data

Arus data mengalir diantara proses simpanan data atau datastore dan kesatuan luar atau external entity. Arus data berupa masukkan untuk sistem atau hasil dari proses sistem seperti formulir, laporan, surat, memo, tampilan dilayar komputer. Arus dapat disimbolkan dengan tanda panah.






C. Process (proses)

Proses adalah suatu kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang ataupun komputer. Dari hasil arus data yang masuk kedalam proses akan dihasilkan arus data kaluaran dari proses itu sendiri. Proses dapat disimbolkan dengan lingkaran atau empat persegi panjang dengan setiap sudutnya tumpul.











D. Datastore atau simpanan data

Simpanan data merupakan simpanan dari data yang berupa file, arsip atau table. Simpanan data dapat disimbolkan sepasang garis horizontal paralel yang tertutup disalah satu ujungnya.

0 komentar